Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me
Sign in using your account with:
  • facebook
  • google
  • twitter

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Captcha *
Berita

Berita (9)

Thursday, 08 August 2019 00:00

Zona Integritas.

Written by

Pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan dalam membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan tujuan memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Thursday, 08 August 2019 00:00

Zona Integritas.

Written by

Pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan dalam membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan tujuan memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Rekapitulasi Pendapat, Saran Dan Usul Masyarakat melalui Kotak Saran Terhadap Pelayanana Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gianyar,

Sebagai Berikut  :

  1. Sebagai Warga Gianyar ( pindah dari Denpasar ), saya amat berharap akan perubahan positif di kantor ini berikut beberapa masukan :
  2. Tolong antrean untuk Pengambilan KTP di perbaiki, jika tidak bisa mengeluarkan KTP dalam batas waktu yang di kasi ke klian, sebaiknya di perpanjang saja waktunya, misalnya 2 hr / 3 hr, supaya tidak antre lagi sampai disini, padahal waktunya sudah ditentukan.
  3. Pelayanan lambat, tidak ada tanda terima resmi, jadi harus ngecek tidak bisa lewat telepon, udah jamannya on line plis file di data aja biar tidak bolak balik
  4. Petugas di loket depan harusnya perempuan yang manis.
  5. Pelayanan tidak sesuai dengan Misi !!!

    "Pelayanan tidak berkualitas sudah on line tapi hanya merubah data waktunya sangat lama (lebih dari 1 jam), Masih pagi banyak pegawai yang istirahat makan, kerja dulu baru istirahat"

  6. Antrean mencari KTP tidak jelas/semeraut !, Cuma menyerahkan arsip untuk perpanjangan/perbaikan/penggantian KTP waktunya berjam – jam, Solusinya :Tambah petugas, pisahkan baru/lama, Edukasi masyarakat dengan memasang billboard besar
    • Pelayanan amat kurang baik
    • Informasi kurang sehingga kita menunggu jadi kurang jelas
  7. Utamakan melayani masyarakat.
    • Kurangi mengobrol yang tidak penting
    • Waktu kami sangat berharga
  8. Pelayanan amat kurang baik
    • Informasi kurang sehingga kita menunggu jadi kurang jelas
  9. Senyum sangat kurang, pelayanan buruk
  10.  Tolong Pengesahan KK dengan mencari baru di bedakan jangan sama antriannya.
    • Pengesahan mestinya di kumpulkan di masukkan ke ruang Bapak Kepala lalu bagikan panggil namanya, kalau cari baru wajib ngantre.Tolong semua Pegawai di lengkapi dengan nama dan logo walaupun tidak semua PNS, tapi semua yang kerja di depan semua Pegawai Kontrak dan alangkah lebih rapi kalau di kasi nama logo agar semua masyarakat bisa dengan mudah mengenali nama pegawai.
  11. Tolong semua Pegawai di lengkapi dengan nama dan logo walaupun tidak semua PNS, tapi semua yang kerja di depan semua Pegawai Kontrak dan alangkah lebih rapi kalau di kasi nama logo agar semua masyarakat bisa dengan mudah mengenali nama pegawai.
  12. Pelayanan cukup memuaskan bagi kami, tapi saran kami ;
    • Mohon Pelayanan lebih ramah.
    • Jelas dan Tegas tapi tidak membentak – bentak.
    • Pelayanan lebih cepat dan tepat
    • Berikan penjelasan yang benar
  13. Kepada Pemerintah terkait untuk Catatan Sipil Gianyar Negatif :
    • Dari sistem Pelayanan saya rasa masih sangat kurang
    •  Tempat terlalu kecil
    •  Tidak adanya sisitem antrean yang baik di pemeriksaan dokumen dengan registrasi
    • Tempat pengambilan sama registrasi masih di satu tempat
    • Capil Gianyar paling buruk kalau dibandingkan dengan Badung, Tabanan, Denpasar
    • Positif  :

      • Pegawai selalu membantu
  14. Pelayanan memuaskan, sudah bagus
  15. Mohon untuk karyawan yang tugasnya sedikit, membantu rekannya yang sedang sibuk terutama di bagian KTP agar pass bisa lebih cepat kasian masyarakat antre lama, sedang ada beberapa pegawai yang malah duduk santai melihat temenya sibuk melayani masyarakat, tolong dirubah cara yang sepeti itu
  16. Pelayanan yang sangat lama hanya untuk mengurus KK
  17. Udah ngantre lama harus nunggu mencetak bikin KTP
    • Hidup sudah Ruwet bikin Identitas aja Ruwet, Tolong biar ganpang lagi ngurus KTP, biar bisa di Kantor Camat dekat dan Efisien !!!

Rakapitulasi Pendapat, Saran, Usul – usul dan Keluhan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah ditindaklanjuti dalam Rapat – Rapat dengan Apel Kerja.

 

Wednesday, 06 December 2017 00:00

Warga yang Baik Wajib Tertib Administrasi Kependudukan

Written by

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar mengajak seluruh warga untuk tertib dalam administrasi kependudukan. Hal ini penting dilakukan guna menjalankan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan. Disdukcapil Gianyar terus berupaya memberikan pelayananan prima dan professional kepada masyarakat.

Kadisdukcapil Gianyar Putu Gede Bhayangkara, Selasa (5/12), mengatakan sesuai amanat UU No 24 Tahun 2013 itu pemerintah Kabupaten kota wajib memberikan pelayanan yang sama dan profesional, kepada setiap penduduk dalam melakukan administrasi kependudukan, baik mencetak, menerbitkan dan mendistribusikan dokumen kependudukan.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat segera melaporkan peristiwa kependudukan seperti kepemilikan kartu keluarga (kk)  dan KTP. Melaporkan peristiwa penting seperti perkawinan, kelahiran, kematian, perceraian, pengangkatan anak, pengakuan anak hingga pengasahan anak, dan peristiwa  penting lainya.

”Dalam penertbitan akta kelahiran laporkan kelahiran anak anda minimal 50 hari setelah dilahirkan, sementara untuk kematian laporkan peristiwa kematian minimal 30 hari setelah kematian, sementara bagi yang kawin agar segera mengurus akta perkawinan ke catatan sipil,”  jelas Putu Gede Bhayangkara.

Sementara untuk KTP, lanjut Bhayangkara saat ini hanya digunakan KTP elektronik yang berlaku seumur hidup. “Bagi warga yang sudah berumur 17 tahun keatas dan belum memiliki KTP elektroik wajib segera melakukan perekaman KTP segera,” katanya.

Ditambahkan dalam rangka memudahkan kepengurusan berbagai administrasi kependiidkan di Kabupaten Gianyar, sudah disiapkan layanan mobil keliling. “Mobil keliling ini akan menjangkau wilayah anda setiap saat, demi mempercepat pelayanan untuk warga Gianyar,”  jelasnya.

Bhayangkara kembali menegaskan agar warga aktif melaporkan berbagai peristiwwa penting kependudukan demi menciptakan tertib administrasi kependudukan di Kabupaten Gianyar. “Dengan terpenuhnya administrasi kependudukan, berbagai hak-hak layanan publik anda jauga akan terpenuhi jika sudha memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, dan semua pelayanan ini gratis tanpa dipungut biaya,” tegasnya.

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Gianyar bertekad mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Gerakan ini didasari atas hasil Rakornas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota Batam awal Februari lalu. Hal ini disampaikan Kadisdukcapil Gianyar, Putu Gede Bhayangkara, Rabu (14/3/2018)

Dijelaskannya hal yang terpenting dari hasil Rakornas tersebut adalah Dukcapil ikut mensukseskan Pilkada serentak 2018, mensukseskan Pemilu Tahun 2018. “Disamping menyamakan persepsi antara pemerintah dengan Disdukcapil berkait dengan program nasional tersebut,” jelas Bhayangkara. Disamping itu, menurutnya, Disdukcaoil sendiri selain bersinergi dengan pemerintah, tentunya bersinergi dengan KPU sebagai penyelenggara untuk meningkatkan kualitas Pilkada dan Pemilu 2019 nanti.
 
Sedangkan program pokok yang wajib disukseskan Dukcapil Gianyar adalah Program Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk, Progran Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan untuk Semua Kepentingan dan Program Melayani Asministrasi Kependudukan menuju Masyarakat yang Bahagia. “Empat progran tersebut wajib dan disukseskan di Kabupateb Gianyar, sehingga tidak ada alasan masyarakat belum.memiliki data kependudukan, bahkan kami sampai jemput bola untuk memberikan pelayanan,” jelasnya lagi.
 
Disebutkannya, secara nasional, penduduk yang sudah dilayani KTP-el sebesar 97,4% atau 189.630.855 jiwa. Sedangkan yang belum sebesar 2,6% ini diharapkan tuntas di Tahun 2018 ini. Untuk Kabupaten Gianyar, secara umum sampai akhir 2017 lalu dengan jumlah pendudk 492.002 memiliki wajib KTP-el sebanyak 379.094 warga. Dari angka tersebut hanya 0,7% saja yang belum perekamam atau sebanyak 28.587. “Jadi untuk Gianyar, hanya menuntaskan 0,7% yang di Tahun 2017 dan sudah tergarap di Januari sampai Maret ini, jadi capaiannya jauh lebih baik dari angka nasional,” ucapnya bangga. Sehingga sambil menuntaskan target KTP-el ini, Bhayangkara menyebutkan akan menuntaskan administrasi kependudukan lain seperti Akta Kelahiran dan Akta Kematian termasuk program kependudukan lainnya.
 
Sedangkan untuk pemenuhan Akta Kelahiran ditarget 90% tuntas dan 60% Akta Kelahiran dari seluruh penduduk. Disamping itu ditarget  50% untuk Akta Kematian. “Kami di Disdukcapil berusaha memenuhi target ini, mengingat sebagiannya sudah di cover, sehingga kami hanya mencari warga yang masih tercecer adninistrasi kependusukannya,” ungkapnya. Disisi lain sesuai hasil Rakornas tersebut, Dissukcaoil sendiri mesti didukung anggaran yang memadai, guna suksesnya target nasional tersebut.

KPU Gianyar mendampingi pelaksanaan perekaman KTP elektronik (KTP -El) oleh Disdukcapil Gianyar Rabu, 15/3/2017. Perekaman KTP-El kali ini bertempat di Desa Pering Kecamatan Blahbatuh. Warga yang belum memiliki KTP -El tampak antusias memanfaatkan kesempatan ini dengan mendatangi lokasi perekaman KTP- El di salah satu balai banjar.

Melalui momen ini tim KPU Gianyar yang dipimpin komisioner divisi partisipasi masyarakat AA Istri Darmawati dan komisioner divisi data, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti menyampaikan sosialisasi penggunaan KTP elektronik dalam Pilkada kepada para warga serta menghimbau warga yang belum merekam KTP El untuk segera melakukan perekaman sehingga dapat menggunakan hak suaranya saat pilkada 2018 nanti. Program Perekaman KTP elektronik oleh Disdukcapil Gianyar dilakukan melalui pelayanan keliling dengan mobil Capil Gianyar keliling dan telah disosialisasikan ke masing-masing desa dan kantor camat agar dapat berjalan efektif.

Pada hari kedua, perekaman KTP - el di Desa Pering dimonitoring langsung oleh Kadis disdukcapil I Gede Bayangkara yang hadir bersama kabid infoduk Ketut Wirati. Pada kesempatan itu Kadis dukcapil menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antara Kpu Gianyar dengan Disdukcapil Gianyar dalam melakukan upaya validitas data administrasi kependudukan di tingkat desa serta proses pemutakhiran data pemilih yang merupakan langkah awal dari KPU Gianyar mempersiapkan data pemilih yang lebih mutakhir dan akurat dalam pelaksanaan pilkada serentak 2018. Kegiatan perekaman KTP - el akan terus dilaksanakan secara mobiling dari desa ke desa yang lain karena sudah didukung sarana dan prasarana yang memadai sesuai perencanaan dengan memprioritaskan desa/kelurahan yang penduduknya masih banyak tercecer dan belum dilakukan perekaman.

Disdukcapil Gianyar, salah satu dari 14 Disdukcapil Kabupaten/Kota se- Indonesia yang menerima penghargaan sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Katagori A (sangat baik). Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Menteri PANRB, diterima Kepala Disdukcapil Gianyar I Putu Gede Bayangkara SH MH, didampingi Sekdakab Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya MM,  dan Asisten Administrasi Umum Setdakab Gianyar I Wayan Sudamia SH MH di Kantor Kementerian Pan-RB Jakarta, Rabu (24/1).

Penghargaan kepada sejumlah unit kerja instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai role model pelayanan public, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tertentu pada 72 kabupaten/kota terdapat 5 pembina pelayanan publik yang masuk dalam kategori A (sangat baik). 67 unit katagori sangat baik (A). Jumlah itu terdiri dari 14 Disdukcapil kabupaten/kota, 17 RSUD kabupaten/kota, 17 Dinas PTMTSP kab/kota, 2 DPMPTSP provinsi, 9 Polres/Ta/Tabes, 6 BPOM provinsi, dan 2 kantor pertanahan.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pan-RB Diah Natalisa mengatakan, pantauan dan evaluasi ini dilakukan sebagai amanat dari Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Berdasarkan  pasal 7 ayat (3) huruf c dan ayat (4) huruf c UU tersebut, Menteri PANRB bertugas melakukan pemantauan  dan evaluasi serta wajib membuat peringkat kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, dan secara berkala wajib memberikan penghargaan kepada penyelenggara.

Dikatakan, monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk mendapat gambaran secara konkret sampai sejauh mana kepatuhan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan UU No. 25/2009.  

Jelas Diah, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan capaian yang telah diperoleh oleh unit penyelenggara pelayanan publik. “Unit penyelenggara pelayanan publik yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan agar terus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya sehingga tercapai pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Disdukcapil Gianyar I Putu Gede Bayangkara mengatakan, penghargaan ini didapat atas kerja keras bersama, utamanya semua pegawai di lingkungan Disdukcapil Gianyar. Begitu juga, atas dukungan seluruh masyarakat yang telah memiliki kesadaran serta partisipasi di dalam mengurus dokumen kependudukan. Diharapkan, ke depan kesadaran secara aktif mengurus dokumen kependudukan lebih meningkat lagi.

Sekda Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya MM mengatakan, peenghargaan ini menjadi kado terbaik bagi Kabupaten Gianyar di awal tahun 2018. Diharapkan, dengan diraihnya prestasi ini menjadi motivasi sekaligus sebagai momentum bagi OPD lain untuk senantiasa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.*Isa

Dalam upaya mendukung program pencanangan Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar meluncurkan program terobosan berupa Pembuatan Akta TK/PAUD. Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil Gianyar I Putu Gede Bayangkara , (15/10).

Wednesday, 18 April 2018 00:00

Puncak HUT Kota Gianyar ke-247 Tahun 2018

Written by

Berbagai atraksi disiapkan untuk menyemarakkan puncak pagelaran HUT Kota Gianyar ke-247, Kamis (19/4). “Kami siapkan pertunjukkan spektakuler dan full show dari pagi sampai malam. Sebelum apel upacara puncak, terlebih dahulu akan ditampilkan tabuh petegak (Nyatur Desa),” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Rabu (18/4).

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Gianyar itu menambahkan, dalam sesi hiburan nanti, pihaknya mendatangkan kesenian dari Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berkolaborasi dengan pelawak populer di Bali saat ini yaitu Sengap, Tompel, dan Sokir. “Selanjutnya sendratari kolosal dari sanggar Paripurna Bona turut ambil peran,” ucapnya.

Terakhir, kata Wisnu Wijaya, pertunjukkan kembang api spektakuler di lapangan Astina akan menjadi klimaks dari peringatan HUT Kota Gianyar ke-247. Untuk itu, dia mengharapkan seluruh masyarakat untuk datang menyaksikan dan memeriahkan acara di malam luar biasa nanti. “Tentunya akan menjadi malam yang sangat berkesan,” papar pejabat asal Sengguan, Gianyar itu.

Saran, Kritik & Pertanyaan

Kadek Andhika Dwi PutraBr. Palak Sukawati-Gianyar
Ketut astaBr gentong tegallalang gianyar
i nyoman paramartabr. pesalakan, desa pejeng kangin, kab. gianyar
PutujanitriJl.nangka utara denpasar
derik yunita saribr. telabah batubulan
Ketut SudarsanaBatubulan Kangin Sukawati Gianyar
Pande KolehBr. Pande Kelurahan Beng Gianyar
Results 1 - 7 of 7

Persyaratan

Surat Pengantar RT dan RW Ijin tinggal tetap bagi orang asing Foto copi Kutipan Akta Nikah/Kutipan Akta Perkawinan
Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin Surat pengantar RT/RW dan Kepala desa/lurah
Surat Pengantar RT/RW Surat Keterangan kelahiran dari dokter/ bidan/penolong kelahiran Nama dan identitas saksi
Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama/pendeta atau surat perkawinan penghayat kepercayaan-

Kontak dan Bantuan

  • Alamat : Jalan Kebo Iwa Gianyar (Timur GOR Kebo Iwa)
  • Email : capilgianyar@gmail.com
  • Phone 1 : 0361-943236

Peta Lokasi

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site.Agree